Home » » Solusi Dari Masalah Yang Sering Muncul di Dapodikdasmen 2019

Solusi Dari Masalah Yang Sering Muncul di Dapodikdasmen 2019

e-Sekolah Dasar - Dapodik mulai dikembangkan pada tahun 2006 oleh Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri Depdiknas. Dapodik di kembangkan untuk menjadi data pokok pendidikan, dengan cukup satu aplikasi Dapodikdasmen semua kebutuhan pendidikan sudah terpenuhi. semua kebutuhan data cukup dalam satu aplikasi yaitu Dapodikdasmen, artinya lembaga dengan adanya Dapodik sudah tidak perlu lagi direpotkan berbagai permintaan data terkait Peserta Didik, PTK, dan data lain terkait sekolah. Seiring berjalannya waktu dapodik berkembang dengan sangat baik baik dari sisi aplikasi maupun kualitas data yang dihasilkan.

Dapodik dengan aplikasi yang sangat baik ini juga mampu menghasilkan data yang berkualitas tidak menjadikan Dapodikdasmen benar-benar menjadi satu-satunya data, seiring berkembangkan aplikasi Dapodikdasmen bermunculan pula aplikasi baik yang terkait dengan data Dapodikdasmen bahkan juga yang tidak sama sekali ada kaitannya dengan Dapodikdasmen. 
Aplikasi Dapodik 2019.b
Dengan banyaknya aplikasi yang bermunculan, otomatis juga akan menambah beban pekerjaan operator sekolah. Fokus pekerjaan operator sekolah kini tidak hanya pada aplikasi dapodik saja, hal ini dimungkinkan akan menjadi pengaruh dari kualitas input data dapodik.

Pada level versi aplikasi 2019 juga masih banyak beberapa permasalan yang terjadi, baik dari segi human error maupun error system. Berikut ini rangkuman kasus permasalah terkait data dapodik.

  1. Server terputus/sibuk pada saat sinkronisasi: Ini sepertinya salah satu bug di aplikasi dapodik 2019.b banyak kasus sepeti ini terjadi di versi 2019.b, untuk mengatasi masalah ini, silahkan anda coba sekali lagi dan pastikan koneksi internet dalam keadaan baik. Jika masih muncul permasalah yang sama ketikan secara manual localhost:5774 secara manual di link bar browser anda.
  2. Gagal tarik peserta didik online: Hal ini terjadi karena peserta didik masih belum dikeluarkan oleh sekolah asal. Hubungi sekolah asal untuk agar mengeluarkan data peserta didik tersebut.
  3. Nama siswa tidak muncul di PDUN: Data PDUN merupakan hasil dari data Dapodik, namun bagaimana jita ada beberapa data siswa yang justru tidak muncul di PDUN padahal data tersub sudah diinput di Dapodik? Jika hal ini terjadi kemungkinan data PD yang tidak muncul di PDUN juga data PD tersebut tidak ada di Verval PD. Coba keluarkan data PD tersebut dari rombel, lakukan sinkronisasi dan masukkan lagi data PD pada rombel dan sinkron lagi.
  4. Sinkronisasi corrupt: Coba lakukan update versi dapodik ke yang terbaru, untuk 2019.a lakukan update via online, namun jika di aplikasi 2019.a anda tidak ditemukan pembaruan silahkan coba cara ini. Baca: Solusi Gagal Update Dapodik 2019.a ke Dapodik 2019.b
  5. Meminta update versi sinkronisasi: Klik update versi sinkronisasi di menu sinkronisasi dapodik dan lakukan sinkron ulang
  6. Diubah menggunakan selain aplikasi Dapodik: Yang perlu anda ketahui segala proses perubahan data harus menggunakan prosedur yang berlaku, jangan mencoba untuk melakukkan perubahan dengan menggunakan tool/aplikasi diluar dapodik. Anda yang sudah terlanjur mengalami hal ini, lakukan segera update aplikasi dapodik ke versi terbaru.
Rangkuman permasalah diatas adalah yang sering ditanyak oleh operator, jika anda memiliki permasalah lainnya, tuliskan di komentar. Semoga membantu !