Home » , , » Panduan Lengkap Manajemen PDUN/Data Calon Peserta UN

Panduan Lengkap Manajemen PDUN/Data Calon Peserta UN

e-Sekolah Dasar - PDUN adalah aplikasi berbasis online yang berisi daftar calon peserta Ujian Nasional. Untuk mengakses PDUN dengan cara mengunjungi link: http://pdun.data.kemdikbud.go.id. Masing-masing sekolah dapat mengakses PDUN dengan menggunakan username dan pasword Dapodikdasmen dan juga kode registrasi sekolah sebagai akun login PDUN.

Data calon peserta UN pada aplikasi PDUN merupakan hasil generate data Dapodikdasmen sekolah, artinya data yang tertera pada PDUN merupakan hasil dari data Dapodikdasmen sekolah. Jika ada ketikdak sesuaian data maka proses perubahan data melalui prosedur perubahan data Dapodikdasmen. Bagaimana cara menegerjakan PDUN, Berikut Panduan Lengkap Manajemen PDUN/Calon Data Peserta UN.

Tahap awal kunjungin link http://pdun.data.kemdikbud.go.id untuk login di aplikasi PDUN. Dibawah ini gambar tampilan laman login PDUN. 
Tampilan Laman Login PDUN
Isikan email sebagai username dan posword dapodik, kemudian masukkan kode registrasi Dapodikdasmen sekolah dan klik Login. Jika anda lupa kode registrasi Baca: Solusi Lupa Kode Registrasi Dapodikdasmen Sekolah.

Setelah berhasil login dibawah ini adalah tampilan laman beranda PDUN. Laman Beranda/Laman Depan PDUN menampilkan informasi nama sekolah, nama operator, nomer HP operator dan alamat.
Tampilan Beranda PDUN
Selanjutnya masuk pada menu utama PDUN. Untuk masuk pada menu utama silahkan anda klik menu Calon Peserta UN. Dibawah ini tampilan laman utama PDUN.
Tampilan Laman Utama
Pada menu utama ini menampilkan daftar nama calon peserta UN yang merupakan hasil dari generate data Dapodikdasmen sekolah. Pada menu ini silahkan anda cek kebenaran data, sesuaikan data tersebut dengan dokumen data siswa berupa Akte Lahir atau Kartu Keluarga. Jika ada perbedaan maka lakukan perubahan data melalui prosedur peubahan data Dapodikdasmen.

Selain data Calon Peserta UN pada menu utama PDUN menampilkan beberapa tab menu yang tertera diatas daftar nama calon peserta UN, diantarannya dalah: Pengaturan No Kursi, Unduh File Calon Peserta UN, Unduh CPUN ke Exel, Unduh Berita Acara, Filter PD Berdasarkan NISN. Untuk lebih jelasnya fungsi dari deretan menu diatas, simak penjelasnnya berikut.
  1. Pengaturan No Kursi: Klik menu ini, kemudian pilih pada nomer urut rombel dan isikan nomer urutnya dan klik simpan.
  2. Unduh File Calon Peserta UN: Menu ini untuk menunduh file DZ. Data Calon Peserta UN file ini diunduh untuk proses bio UN selanjutnya, pastikan data sudah benar sebelum mengunduh file ini.
  3. Unduh CPUN ke Exel: Menu ini untuk mengunduh file Data Calon Peserta UN dengan format exel. Unduh file ini sebagai alat bantu cek kebenaran data.
  4. Unduh Berita Acara: Menu ini untuk mengunduh berita acara juga dengan lampiran Daftar Calon Peserta UN, Pastikan data sudah benar sebelum mengunduh file tersebut.
  5. Filter PD Berdasrkan NISN: Fitur ini sebagai filter saja, disini anda bisa memilih menampilkan data siswa berdasarkan NISN.
Jika semua proses sudah dilakukan klik logout untuk keluar dari PDUN. Semoga membantu dan Terimakasih sudah berkunjung !