Home » » Lupa Kode Registrasi Dapodik ? Ini Solusinya !

Lupa Kode Registrasi Dapodik ? Ini Solusinya !

e-Sekolah Dasar - Kode Registrasi Sekolah merupakan kode unik yang dibuat sitem sebagai kunci untuk aktifasi dapodik, dikatakan kode unik karena setiap sekolah memiliki kode tersendiri yang berbeda dengan sekolah lain. Kode ini berfungsi sebagai kunci untuk melakukan aktifasi aplikasi dapodik, selain itu kode ini juga digunakan untuk melakukan generate prefill sekolah yang sifatnya rahasia. Karena sifatnya rasahia maka sekolah dihibau dalam hal ini operator sekolah untuk tidak menyebarluaskan kode registrasi dapodik dan dihimbau untuk berhati-hati dalam menyimpan kode registrasi dapodik ini.

Sejak diluncurkannya dapodik kode ini juga sudah mengalami beberapa kali perubahan tujuannya yaitu menjaga kebocoran kode registrasi ke tangan orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Tidak selalu update aplikasi dapodik menggunakan kode ini, kode registrasi digunakan manakala sudah tersedia update aplikasi dan juga data based dapodik. Karena sifatnya yang jarang digunakan terkadang kita sampai lupa kode registrasi sekolah kita.

Jika memang tidak ada perubahan kode dapodik, kamu tidak perlu repot-repot meminta dikirimi ulang kode registrasi ke KKDATADIK Kab/Kota. Cukup gunakan langkah sederhana berikut.

1. Buka Local Disk C di laptop/komputer kamu
2. Buka Program File/Dapodik/webserver/logs/access.log


3. Kemudian kamu buka file access.log hingga tampil data file access.log seperti gambar dibawah ini


4. Gunakan perintah Ctrl+F untuk memunculkan popup windows search/menu search
5. Berikutnya ketikkan kode_registrasi pada menu search selanjunta klik Find Next/Enter
6. Sistem akan otomatis berjalan dan menunjukkan kode registrasi yang kamu cari.