Home » , » Solusi Bagi Siswa Yang Masih Belum Memiliki NISN

Solusi Bagi Siswa Yang Masih Belum Memiliki NISN

e-Sekolah Dasar - NISN merupakan Nomer Induk Siswa Nasional yang diberikan kepada peserta didik dan berlaku selama peserta didik tersebut berstatus sebagai pelajar/masih bersekolah. NISN diterbitkan ditingkat sekolah dasar, Pusat Data Statistik Pendidikan atau PDSP adalah lembaga yang mengelola dan menerbitkan NISN.

Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan agar peserta didik dapat memiliki NISN. Tahap apling awal yaitu entri data peserta didik di aplikasi dapodik, selanjutnya data tersebut disinkronisasi oleh sekolah sebagai data dasar PDSP menerbitkan NISN.
Proses selanjutnya sekolah yang dalam hal ini menjadi tugas operator melakukan cek data siswa yang sudah disinkronisasi melalui dapodik di laman aplikasi Verval PD. Verval PD menampilkan data seluruh peserta didik yang secara garis besar dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu, data siswa yang memiliki NISN dan data siswa yang belum memiliki NISN. Perlu anda ketahui, perubahan data siswa juga melalui Verval PD.
Data siswa Dapodik 2019.b

Siswa baru yang sudah anda input di aplikasi dapodik setelah berhasil disinkronisasi data tersebut juga akan muncul pada Verval PD dengan status data siswa belum memiliki NISN, dalam hal ini NISN masih dalam proses penerbitan. Namun jika hal berbeda terjadi, siswa yang ternyata belum memiliki NSIN buka berstatus siswa baru dan data siswa tersebut tidak muncul dalam data Verval PD operator sekolah perlu melakukan tindak lanjut. Jika hal yang demikian tidak ditindak lanjuti ada kemungkinan siswa tersebut tidak akan memiliki NISN. Tindak lanjut apa yang perlu dilakukan oleh operator? Berikut beberapa rangkuman yang bisa anda lakukan jika hal ini terjadi pada siswa anda.
  1. Laporkan maslah ini melalui helpdisk via grup telegram Verval PD atau anda bisa langsung menghubungi Admin Verval PD disdik Kab/kota setempat. Namun jika anda merasa laporan anda belum menuai hasil, coba lankah berikut ini
  2. Melalui aplikasi dapodik, cari siswa yang belum memiliki NISN keluarkan siswa tersebut dengan cara melakukan regristrasi keluar (jangan menghapus data)
  3. Input ulang data siswa dan registrasikan sebagai siswa baru di aplikasi dapodik anda.
  4. Masukkan siswa pada rombel diman siswa saat ini menjadi anggota rombel, jika siswa yang belum memiliki NISN adalah siswa kelas 2 maka masukkan pada rombel kelas 2.
  5. Terakhir lakukan sinkronisasi, dan tunggu perubahannya.
Catatan:
Saya menggunakan cara ini karena ada satu siswa yang NISN nya masih belum muncul/belum memiliki NISN bahkan hingga siswa tersebut naik ke kelas 2. Setelah saya cek, ternyata data siswa tidak muncul di Verval PD.