Home » » Panduan Pengisian Nilai Rapor Nilai US/USBN di Dpodik 2017.b

Panduan Pengisian Nilai Rapor Nilai US/USBN di Dpodik 2017.b

e-Sekolah Dasar - Dapodik versi 2017.b menambahkan menu baru yang perlu untuk di isi oleh admin Dapodik dan Guru yaitu menu nilai Rapor dan nilai US/USBN. Untuk Rapor siswa admin diharuskan untuk menginput nilai rapor yang diterbitkan setiap semester, sementara nilai US/USBN untuk entri nilai US dan USBN dari peserta didik tingkat akhir yang diselenggaran di semester genap setiap tahun ajar.

Karena menu ini merupakan menu baru yang harus di kerjakan oleh admin dapodik maupun guru ada beberapa tahapn yang perlu dilakukan oleh admin dapodik, diantaranya;

Tampilan menu Nilai dapodik 2017.b
Tahap Awal

Tahap awal admin dapodik harus melakukan pembaruan aplikasi dapodik ke versi 2017.b. Untuk pembarua aplikasi dapodik ada 2 cara yang bisa dilakukan, yaitu melalui aplikasi dapodik langsung dengan cara.
1. Login aplikasi dapodik
2. Masuk pada menu pengaturan
3. Pilih menu Cek Pembaruan
4. Lakukan pembaruan dan tunggu proses selesai

Untuk cara kedua yaitu download updater aplikasi dapodik versi 2017.b di laman unduhan dapodikdasmen dan lakukan install seperti biasa.

Setelah proses update aplikasi dapodik selesai, langkah selanjutnya silahkan anda download prefill nilai di laman unduhan dopodikdasmen. Selanjutnya copy prefill nilai di C/Prefill_dapodik.

Tahap Pengisian Nilai

Setelah tahap awal anda lalui, pada tahap ini ada beberapa yang perlu anda pahami diantaranya sebagai berikut;

Operator Sekolah: Tugasnya adalah menjamin persiapan data telah lengkap, Membuatkan akun guru mata pelajaran yang nantinya akan digunakan oleh guru mapel untuk login di aplikasi dapodik, Menentukan mata pelajaran evaluasi, Menentukan nomer urut mata pelajaran evaluasi.

Guru Mata Pelajaran: Tugasnya adalah entri data nilai Rapor dan Nilai US/USBN di aplikasi dapodik, Bertanggung jawab terhadap data nilai yang di entri di dapodik dan mengunci data nilai.

Kesimpulannya: Entri data nilai merupakan tanggung jawab dari masing-masing guru dan merupakan tugas guru bukan kewenangan operator sekolah.

Pengenalan menu Nilai; sebelum pada pengisian nilia di aplikasi dapodik 2017.b guru sebaiknya terlebeh dahulu memahami apa saja yang ada pada menu nilai tersebut. Berikut gambar yang menunjukkan beberapa menu yang ada pada menu nilai dapodik 2017.b
Pengenalan menu nilai
Jika beberapa pengenalan diatas sudah anda pahami, langkah berikutnya yaitu perlu memahami prosedur entri niali pada aplikasi dapodik 2017.b sebagai berikut;
  1. Prosedur entri nilai Rapor: Guru login di dapodik 2017.b menggunakan akun pribadi yang sudah dibuat oleh operator sekolah, selanjutnya pilih menu raport, pilih semester, pilih rombel, pilih mata pelajaran, lakukan input nilai, selanjutnya klik simpan. Jangan lupa untuk melakukan verifikasi nilai yang sudah di input, jika sudah dirasa benar langkah terakhir lakukan kunci nilai.
  2. Prosedur entri nilai US/USBN. login menggunakan akun pribadi guru, pilih menu US/USBN, pilih rombel, pilih mata pelajaran, input nilai dan simpan data, lakukan verifikasi data dan terakhir kunci nilai.