Home » , » Cara Mengamankan Akun Padamu

Cara Mengamankan Akun Padamu

Di kecamatan dimana saya mengajar ada suatu peristiwa yang sangat langka. Salah seorang teman guru kehilangan NUPTK dan mendapati data pribadi PTK telah berubah, singkatnya akun tersebut telah disrobot orang lain. Untuk kronologi lengkapnya saya kurang memahami namun peristiwa ini saya tahu sendiri karena saya sempat bertemu dan melihat sendiri surat pengajuan perubahan datanya.

Kejadian ini memang sangat langka, tidak mungkin rasanya jika tidak disengaja karen setiap PTK memiliki kode aktifasi masing-masing yang di keluarkan oleh OPS sekolah dan diserahkan ke PTK masing-masing.

Keterbatasan pengetahuan tentang pengelolaan akun masing-masing PTK yang menurut saya menjadi pemicu bahwa masih banyak PTK yang tidak sama seklai mengelola akun PTK masing-masing. Perlu diketahui ada beberap hal yang dapat PTK lakukan untuk mengamankan akun PTK masing-masing. Hal ini sangat perlu dilakukan agar kasus seperti yang teman saya alami tidak terjadi lagi pada PTK lain.

Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengamankan ukun PTK anda di PADAMU, berikut beberapa langkah yang dapat anda ikuti:

1. Login PTK di PADAMU.


2. Setelah berhasil masuk, Klik foto profil anda dan klik Pengaturan Akun.


3. Pada laman Kelola Aku anda bisa menambahkan Emai Alternatif dengan mengklik Ganti Email dan masukkan email anda. Email alternatif bisa juga anda gunakan untuk Login di PADAMU sebagai pengganti PegID/NUPTK anda. selain itu Email Alternatif bisa juga berguna untuk melakukan Reset Password apabila anda lupa Password Akun PADAMU anda.

4. Mengganti Kata Sandi ini perlu anda lakukan, ubah kata sandi awal akun padamu anda dengan password terserah anda.

5. Menambahkan Pertanyaan Keamanan anda bisa menambahkan Pertanyaan Keamanan sebagai upaya keamanan lanjut. Untuk menambahkan Pertanyaan Keamanan berikut langkah-langkahnya:


6. Klik Navigasi Menu Pertanyaan Keamanan. Untuk menambahkan Pertanyaan Keamanan klik Edit dan isikan pertanyaan dan jawabannya. Tips: buatlah Pertanyaan Keamanan dengan jawaban yang mudah anda ingat.

Anda tidak perlu mengelaola semuanya, merubah kata sandi dan menambahkan Email Alternatif saya rasa hal tersebut sudah cukup. Namun menambahkan semuannya akan lebih menjamin keamanan aku PTK anda. Semaoga ini membantu.!