Home » , » Pengisian Jumlah Jam Mengajar Untuk Kepsek (SD)

Pengisian Jumlah Jam Mengajar Untuk Kepsek (SD)

Kepala Sekolah merupakan tugas tambahan dengan jumlah jam 18, jadi setiap Kepala Sekolah masih memiliki kewajiban mengajar minimal 6 jam untuk mencukupi jumlah jam perminggu yaitu 24 jam mengajar. Berikut saya share cara imput jumlah jam mengajar untuk Kepala Sekolah pada Dapodikdas tahun ajaran 2014/2014.
  1. Untuk Kepala Sekolah dengan kode sertifikasi Guru Kelas, inputkan 4 jam di kelas 5 dan 2 jam di kelas 6 dengan menagmpu Mata Pelajaran PKn.
  2. Untuk Kepala Sekolah dengan kode sertifikasi PJOK, inputkan 4 jam di kelas 5 dan 4 jam di kelas 6 sebagai/mengampu Mata Pelajaran PJOK.
  3. Untuk Kepala Sekolah dengan kode sertifikasi PAI, inputkan dikelas 3 dan kelas 6 dengan masing-masing 3 jam di setiap rombel, dan mengampu Mata Pelajaran Agama Islam.
Input jam mengajar untuk Kepala Sekolah tempatkan di Mata Pelajaran Wajib untuk yang tambahan jam. Bila Kepala Sekolah dengan kode sertifikasi PJOK dan jumlah rombel hanya 6 dalam satu sekolah, dan guru PJOK yang ada juga bersertifikasi, maka guru PJOK tersebut wajib mencari jam tambahan di sekolah lain sebanyak 8 jam/perminggu, agar sertifikasinya tetap bisa terbayarakan.

Dasar utama masukan/saran pembagian jumlah jam mengajar ini adalah agar tidak ada kesan dua guru mengajar Mata Pelajaran yang sama dalam satu rombel.

Dan bagaimana cara pengisian jumlah jam mengajar pada Aplikasi Dapodikdas 3.00, berikut saya jelaskan secara singkat.

Disini saya akan mencontohkan pengisian JJM untuk Kepala Sekolah dengan kode sertifikasi Guru Kelas.

Pertama: Masuk pada tab menu Rombongan Belajar Pilih rombel/kelas yang akan ditambahkan untuk JJM nya, dalam hal ini saya memilih Rombel/Kelas 5. Kemudian klik Pembelajaran Ganjil (2014/2015).

Kedua: Pada menu Pembelajaran Ganjil (2014/2015) anda klik tambah untuk menambahkan mata pelajaran (PKn) dan tempatkan pada Mata Pelajaran Wajib.

Ketiga: Isikan 4 untuk jam mengajar, dan pilih Nama PTK serta isikan nomor SK mengajar dan juga tanggal SK, terakhir klik Simpan.


Lakukan hal yang sama seperti langkah di atas untuk Rombel/Kelas berikutnya (kelas 6) hanya saja, di rombel ini anda isikan 2 jam untuk jam mengajarnya.