Home » , » Aplikasi Raport K13 SD Terbaru Lengkap Dengan Buku Induk

Aplikasi Raport K13 SD Terbaru Lengkap Dengan Buku Induk

e-Sekolah Dasar - Hingga detik ini, masih belum ada aplikasi Raport yang baku untuk jenjang sekolah dasar tidak seperti halnya di jenjang SMP dan SMA yang memiliki e-Raport sebagai aplikasi Officeal yang harus digunakan sekolah sebagai aplikasi Raport.

Namun buka berarti jemjamg SD tidak memiliki aplikasi Raport untuk mempermudah guru menggarap Raport agar tidak membuat Raport secara manual. Tidak memiliki Aplikasi Raport secara resmi, namun banyak aplikasi berbasis perorangan yang dapat anda gunakan guna mempermudah penggarapan Raport Siswa dengan Kurikulum 2013. Pada kesempat ini kami ingin berbagi Aplikasi Raport K13 SD Terbaru Lengkap Dengan Buku Induk.
Aplikasi Raport K13 SD Terbaru Lengkap Dengan Buku Induk
Aplikasi ini buka aplikasi resmi yang dikeluarkan oleh kementeria, melainkan aplikasi perorang yang dibuat oleh perorangan dengan tujuan mempermudah pengerjaan Raport K13 SD. Dari segi tampilan aplikasi ini mengingatkan kita pada tampilan aplikasi Dapodik, Tertata rapat tidak membingungkan pengguna dan juga menampilkn progres input data yang hal ini tentung sangat berguna bagi pemgguna aplikasi ini.

Pada halaman depan aplikasi menampilkan data yang berguna untuk control lebih jauh terkait isian data yang sudah anda inputkan, dihalam depan ini anda bisa mengetahui Jumlah Siswa yang tanpa anda harus melakukan cek data lebih lanjut.

Selain jumlah siswa halam depan aplikasi ini menampilkan jumlah mapel dan mapel mulok yang ada serta progres pengisian data, tampilan ini benar-benar menampilkan pesan yang sangat berguna bagi pengguna untuk mengetahui sejauh mana proses pengerjaan berlangsung.

Secara singkat saya akan menjelaskan point-point penting terkait pengisian Aplikasi Raport K13 SD Terbaru lengkap Dengan Buku Induk.
  • Isikan data pada tabel yang berwarna putih, hindari melakukan pengisian dan bahkan edit data selain pada tabel warna putih.
  • Untuk Mata Pelajaran dan KD bisa anda ganti.
  • Bila pada lembar raport ada baris mata pelajaran yang tidak digunakan, anda bisa menghapusnya.
Selian beberapa point penting yang sudah kami sampaikan diatas, berikut kami sampaikan pula rangkuman tahapan-tahapan pengisian data pada Aplikasi Raport K13 SD Lengkap Dengan Buku Induk.
  1. Mengisi Identitas Sekolah: Tahap paling awal yaitu pengisian Data Indentitas sekolah yang meliputi data NPSN, Nama Sekolah, Alamat Sekolah, Nama Kepala Sekolah, Nama Guru Kelas dll.
  2. Menu Siswa: Data siswa ada pada menu SISWA di menu aplikasi, untuk mengisi data siswa silangkan anda masuk pada menu data siswa dengan mengklik menu SISWA. Data Siswa terdiri dari: Nomer Induk, Nama Siswa, NISN, Nama Panggilan, Jenis Kelamain, Agama, Kewarganegaraan, Tempat dan Tangggal Lahir, Nama Orangtua/Wali, dll.
  3. Menu KKM: Pada menu KKM anda diminta untuk mengisi KKM dan mengisikan mata pelajaran mulok yang ada disekolah anda.
  4. Menu Kurikulum: Pengisian selanjutnya yaitu mengisi Kompetensi Dasar tiap-tiap mapel yang ada di Menu Kurikulum.
  5. Menu Nilai Sikap: Penilaian sikap ada tiga kriteria yaitu, Baik, Sangat Baik, Dan Perlu Bimbingan. Jika anda ingin memberikan nilai Baik, Biarkan kososng, jika ingin memberikan nilai Sangat Baik tuliskan SB dan Perlu Bimbingan tuliskan PB. Adapun aspen yang dinilai yaitu, Beribadah, Syukur, Berdoa dan Toleransi.
  6. Menu Nilai Pengetahuan: Isikan nilai pengetahuan sesuai dengan KD yang sudah anda input di Menu Kurikulum.
  7. Menu Nilai Keterampilan: Cara inputnya sama dengan input data Nilai Pengetahuan.
  8. Menu Absen: Pada menu ini anda harus mengisi data keikut serta siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler, Data Jumlah Kehadiran Siswa dalam mengikuti pembelajaran sehari-hari, Tinggi dan Berat Badan Siswa, Kodisi Kesehatan Siswa dan Prestasi Siswa yang pernah diraih.
Setelah tahapan diatas sudah anda kerjakan, maka anda dapat mencetak hasil dari data yang anda input di beberapa menu yang kami jelaskan dibawah ini.
  1. Menu Cetak Raport: Cetak Raport berisi Cover, Data Raport dan Deskripsi Raport
  2. Menu Rekap Nilai: Berisi rekap seluruh nilai yang sudah anda input.
  3. Menu Leger: Jika menu Rekap Nilai menampilkan nilai dengan diskripsi nilai, pada menu Leger menampilkan semua daftar nilai yang diinput tanpa menampilkan diskripsi nilai.
  4. Buku Induk: Di aplikasi ini anda tidak hanya membuat raport siswa tapi sekaligus mencetak Buku Induk siswa.
Dengan satu aplikasi satu kali pengerjaan anda sudah dapat mencetak banya data yang anda butuhkan. Semoga bisa membantu.

Informasi Aplikasi

Nama: Aplikasi Raport Kurikulum 2013
Pembuat: Umar Tholih
Ukuran: 1,59 Mb
Web: www.kangmartho.com
Link Download: http://j.gs/C0Hs