Home » » Aplikasi Raport K13 SD Revisi Terbaru

Aplikasi Raport K13 SD Revisi Terbaru

e-sekolah Dasar - Tidak seperti di tinggak SMP, dan SMA yang memiliki aplikasi e Raport yang merupakan aplikasi resmi, di tingkat Sekolah Dasar untuk saat ini masih belum ada aplikasi resmi untuk Raport k13. Untuk itu kami disini akan berbagi Aplikasi Raport yang bisa anda gunakan untuk sekolah anda.

Aplikasi ini dibuat mengacu pada Hand-Out bahan pelatihan K13 materi umum dan maeri pokok sekolah dasar yang diterbitkan Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar tahun 2016, dan surat edaran Kemendikbut Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Nomer: 3683/D2/TU/2016 Tentang surat pengantar distribusi panduan penilaian di Sekolah Dasar.

Yang perlu anda ketahui, aplikasi ini merupakan aplikasi perorang buka aplikasi resmi dari Kemendikbut. Selama masih belum ada aplikasi resmi yang diwajibkan untuk di gunakan, Aplikasi Raport ini bisa anda gunakan untuk mempermudah anda dalam membuat Raport K13.

Aplikasi ini cukup mudah untuk digunakan, dengan menggunakan ekstensi exel macro dan proteksi yang baik anda tidak perlu khawatir terjadi error. Sebelum anda mengunduh aplikasi ini, berikut kami jelaskan petunjuk singkat penggunakan aplikasi ini.

Tahap awal yaitu mengaktifkan Macro, Buka Exel pilih File dan selnjutnya pilih Options kemudian klik Trust Center dan pilih Trust Center Setting. Pada menu Trust Center Setting pilih Macro Setting dan terakhir pilih Enable All Macros.

Menu Data Induk
Seteleh setting macro selesai, buka Aplikasi Raport K13, yang paling awal silahkan isi Data sekolah di menu Data Induk dan pilih Data Sekolah. Contoh pengisian seperti gambar diatas. Untuk mengisi data siswa silihkan buka dengan mengklik menu Data Siswa.
Menu Edit Mapel
Masih di menu Data Induk, masuk pada sub menu Edit Mapel, menu ini berguna untuk menambahkan mata pelaran Mulok yang ada di sekolah anda.
Menu Bank KD
Selanjutnya masuk pada menu Bank KD, Isikan Kopetensi Dasar pada masing-masing mata pelajran. Untuk pengisian Bank KD skami contohkan seperti gambar diatas. Namun anda juga bisa merubah sendiri pada uraian KD sesuai dengan KD yang ada. Jangan lupa untuk mengisi KKM Sekolah dengan cara plilih menu KKM Sekolah.
Menu Pengaturan
Setelah Mengisi Data Induk, selanjutnya masuk pada menu pengaturan, Fitur ini berguna untuk melakukan pengaturan berupa Ganti Logo Kabupaten, Sekolah, Foto Wali Kelas dan  Kop Sekolah. Untuk Ganti Logo Kabupaten, pilih Menu Ganti Logo Kabupaten kemudian muncul popup menu anda klik pilih, selanjutnya anda masuk pada menu windows dimana logo tersebut disimpan, pilih logo dan klik tanda cetang untuk menyimpan. Lakukan prose yang sama untuk ganti Logo Sekolah dan ganti Foto Wali Kelas.
Menu Ganti KOP

Masuk pada menu Ganti KOP, Klik Ya dan tuliskan KOP Sekolah anda. Jika sudah klik Simpan. Setelah melakukan pengisian pada data Induk dan melakukan setting di menu Pengaturan. Selanjutnya silahkan ini menu penilaian.

Keteran aplikasi

Nama: Aplikasi Raport K13
Pembuat: Hasbullah Jaini
Update: 05 Juni 2018
Ukuran: 6,49 Mb Total 10,2 Mb
Username: hasbullah
Pasword: jaini
Web : https://hasbullahjaini79.wordpress.com
Link Download: http://j.gs/Bzo6