Home » » Cara Cek Daftar Kartu Indonesia Pintar Bermasalah

Cara Cek Daftar Kartu Indonesia Pintar Bermasalah

e-Sekolah Dasar - Kartu Indonesia Pintar atau yang disingkat KIP merupakan kartu yang diberikan kepada anak usia sekolah dari keluarga kurang mampu untuk mendapatkan bantuan uang tunai. Kartu Indonesia Pintar berlaku di sekolah formal maupun non formal.

Untuk mengaktifkan Kartu Indonesia Pintar butuh peran Sekolah atau Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) yang berkewajiban mendata dan mendaftarkan setiap Peserta Didik yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Data Kartu Indonesia Pintar (KIP) akan di input melalui aplikasi dapodik disetiap sekolah. Berdasarkan pengalam pribadi, dalam proses penginputan data KIP  banyak ditemukan kesalah input biasanya kesalahan terbesar yaitu dalam penginputan nomor KIP itu sendiri. Penyebabnya beragam, nomor yang tercetak sangat kecil ditambah dokumen yang dikumpulkan berupa foto copy sangat menyulitkan operator sekolah membedakan nomor KIP yang terdiri dari angka dan huruf. Kebanyak operator sekolah kesulitan membedakan antara huruf O dan angka 0 yang tercetak di KIP.

Untuk mencegah terjadinya kesalahan input data KIP, berikut saya jelaskan bagaimana Cara Cek Daftar Kartu Indonesia Pintar Bermasalah !

1. Silahkan kunjungi website resmi PIP SD di link berikut: http://pipsd.kemdikbud.go.id/pelaporan
2. Silahkan klik menu Daftar KIP Bermasalah
3. Pilih Provinsi, Pilih Kab/Kota, Pilih Kecamatan
4. Jika ditemukan data KIP bermasalah seilahkan kamu pilih Nomor KIP untuk melihat rinciannya.


Gambar diatas menunjukkan rincian dafatr KIP bermasalah. Disana menampilkan Nama Sekolah, Nama Siswa, No KIP, data Ayat dan Ibu. Jika melihat gambar diatas dikatan data KIP bermasalah karena adanya Nomor KIP yang sama dengan Nama Siswa sama semetara sekolah dan data orang tua berbeda.

Silahkan lakukan pengecekan ulang di aplikasi Dapodik, cocokkan apakah Nomor KIP yang terinput sama dengan yang tertera di Kartu Indonesia Pintar. Jika berbeda lakukan perbaikan dan lakukan sinkronisasi dapodik.

Namun jika di dapodik dan KIP nomornya sama kemungkinan ada kesalahan entri data KIP di sekolah yang berbeda. Silahkan hubungi sekolah yang tertera dalam data kesalahan KIP untuk juga melakukan cek data KIP di aplikasi dapodik.