Pendataan Dapodikdas kini masuk dalam tahap akhir jika dilihat dari batas akhir sinkronisasi yang telah di jadwalkan yaitu tanggal 20 September 2014. Namun seperti yang kita ketahui bersama, sejak awal-awal Dapodikdas 2014/2015 di gulir dengan menggunakan aplikasi versi terbarunya yaitu 3.00 sudah banyak permasalahan yang dihadapi oleh OPS.
Permasalahan-permasalahan tersebut menjadi lebih rumit lagi bagi OPS jika mengingat batas waktu yang ditentukan dan kepada siapa pula OPS bertanya dan mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi.
Intinya OPS dituntut untuk selalu pro aktif untuk selalu mencari sendiri solusi dari setiap permasasalahn yang OPS hadapi. Mulai dari bertanya sana-sini di forum maupun sosial media, hingga search di mbah google sambil berharap menemukan setitik keterangan terkait permasalahannay.
Sejauh ini saya mencoba untuk mencatat beberapa permaslahan yang di hadapi oleh teman-teman OPS tidak terkecuali beberapa permasalahan yang saya sendiri alami, dan berikut beberapa permasalahan yang sering dikeluhkan oleh OPS dan solusi menangani permasalahan tersebut.
- Masalah Kode Registrasi Tidak di Temukan: Jika anda mengalami permasalah ini, pastikan anda telah mengganti prefill lama di komputer anda dengan prefill terbaru untuk aplikasi Dapodikdas 3.00. Pastikan pula penempatan prefill sudah benar, prefill yang benar beradi di Driver C: pada folder prefill_dapodik.
- Masalah "Terdeteksi databased 2.42": Jika anda mengalami permasalah tersebut, lakuakn Refresh berkali-kali dengan mekan tombol Ctrl+F5.
- Masalah Data PTK atau PD Ganda: Periksa data nya, carilah yang paling benar diantara data yang berganda dan Registrasikan data tersebut, dan data yang salah kosongkan Registrasi dengan mengklik Hapus, jika memang data tersebut bisa dihapus/dihilangkan silahkan di hapus saja. Untuk PTK kosongkan Penugasannya/jangan dimasukkan dalam rombel.
- Menghapus Sarpras: untuk meghapusnya silahkan anda hapus data turunannya, artinya hapus data tersebut di semester-semester sebelumnya dai tahun ajaran sebelumnya.
- Perubahan Data PD yang Dikunci: Untuk perubahan data peserta didik yang di lock, seperti nama dan tanggal lahir peserta didik, silahkan lakukan perubahannya di Verval PD, jangan menggunakan cara-cara lain.
- Maslah Pengguna Tidak Aktif saat melakukan sinkronisasi. Masalah ini dimungkinkan oleh email yang digunakan untuk login aplikasi Dapodik sudah tidak aktif. sebaiknya gunakan email aktif saat pertama anda melakukan Registrasi aplikasi Dapodikdas. Bagi yang mengalami permasalahan ini, sebaiknya melaporkan permasalahan ke Admin Dinas Kota/Kab. setempat sebelum melakukan tindakan selanjutnya.
Semoga ini sedikit menjadi pencerahan dan solusi bagi teman-teman OPS yang mengalami beberapa permasalahan di atas.