Home » , » Cara Memastikan Sinkronisasi Dapodik Berhasil

Cara Memastikan Sinkronisasi Dapodik Berhasil

Kasus yang paling sering kita temui yaitu banyak nya data yang masih belum berubah setelah melakukan perbaikan dan melakukan sinkronisasi ulang melalui aplikasi Dapodikdas. Jika mungkin diantara pembaca mengalami hal tersebut yang pertama kali peru di lihat adalah tanggal sinkronisasi pada lembar Info PTK, cek apakan sudah sesuai dengan tanggal terakhir sinkronisasi yang anda lakukan.

Tidak semua sinkronisasi itu terkirim ke server Dapodikdas, maka OPS perlu melakukan pengawalan terhadap sinkronisasi yang sudah dilakukan, bagaimana cara OPS mengawal hasil sinkronisasi tersebut, berikut beberapa hal yang dapat dilakukan oleh OPS.


Jika kita melihat gambar di atas, dinyatakan Sinkronisasi Selesai apakah data sudah masuk? marilah kita buktikan:

Pada tabel di atas tertulis "DATA YANG MENGALAMI PERUBAHAN" dengan jumlah total 46 dengan rincian:
  1. ptk Terdaftar = 13 data
  2. Pembelajran = 33 data
dan dibuktikan pada kolom "DATA YANG DIKIRIM KE SERVER" pada kolo "Sukses" semuanya nol dan kolom "Gagal" memuat angka "ptk Terdaftar" dan "Pembelajaran" dengan jumlah yang sama, artinya sinkronisasi di atas dinyatakan GAGAL.

Kesimpulannya: Setiap sikronisasi dinyatakan selesai, wajib bagi OPS untuk melihat data rincian pada tabel setelah melakukan sinkronisasi di aplikasi Dapodikdas.

Cara berikutnya yaitu dengan melakukan kroscek di Progres Pengiriman. Bisa dilakukan dengan mengunjungi alamat berikut: http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id. Klik Progres Pengiriman>>Pilih Propinsi>>Pilih Kab/Kota>>Pilih Kecamatan>>Pilih Nama SD anda dan masukkan kode Registrasi sekolah anda. Cek data sekolah anda, jika ada perubahan data sesuai dengan yang anda sinkronisasikan melalui aplikasi Dapodikdas, maka data anda sudah sukses dan 100% masuk di server Dapodikdas.